SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 57 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar dalam penerapan pendekatan scientific learning berbasis HOTS pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 57 Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk essay yang berjumlah 6 soal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 57 Lubuklinggau yang berjumlah 22 siswa. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-z pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data post-test didapatkan zhitung 5,50 dan ztabel 1,64 berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis diterima, artinya bahwa hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 57 Lubuklinggau setelah diterapkannya pendekatan scientific learning berbasis HOTS secara signifikan tuntas. Rata-rata hasil belajar IPA siswa setelah diterapkannya pendekatan scientific leraning berbasis HOTS sebesar 77,65 dan persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 100%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, HOTS, Ilmu Pengetahuan Alam, Scientififc Learning
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
TIANESA KARTINI - Personal Name
|
Student ID |
5018020
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
TIANESA KARTINI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |