SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN PEMBELAJARAN MULTILITERASI SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SIMPANG GEGAS TEMUAN
XML JSONPenelitian ini bertuju nuntuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Simpang Gegas Temuan setelah menggunakan pembelajaran Multiliterasi Saintifik secara signifikan tuntas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyaratan analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-z satu sampel. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pre-test diperoleh 48,21 dengan presentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 80,71 dengan presentase ketuntasan 100% atau 14 siswa yang tuntas diperoleh nilai (5,30) ≥ (1,64). Kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran multiliterasi saintifik pada hasil belajar IPA siswa signifikan tuntas.
Kata kunci: Pembelajaran Multiliterasi Saintifik, Hasil Belajar, IPA.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SILVIRA MELATI ANJENI - Personal Name
|
Student ID |
5017157
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tri Juli Hajani, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd.Mat. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SILVIRA MELATI ANJENI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |