SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 36 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoly game berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA Siswa kelas IV SD Negeri 36 Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu reseach and development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan ADDIE. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket dan tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1) Kualitas media pembelajaran monopoly game berbasis kontekstual dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai validitas aiken’s v 0,82 atau dapat dikatakan tinggi. 2) Kualitas media pembelajaran monopoly game berbasis konteksual dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan sangat praktis dengan presntase 86,9%. 3) Kualitas media pembelajaran monopoly game berbasis kontekstual dilihat dari aspek keefektifan dikategorikan baik sekali dengan presentase nilai 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoly game berbasis kontekstual pada pembelajaran tema 6 siklus makhluk hidup memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Monopoly game, Kontekstual, IPA, SD.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SHERLI INDAH MARDIANI - Personal Name
|
Student ID |
5018127
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Ketua Penguji
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 1 Yeni Asmara, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SHERLI INDAH MARDIANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |