SKRIPSI S1 PGSD
ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI SISWA DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SD NEGERI 2 MARGA SAKTI
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar di rumah pada masa pandemi COVID-19 kelas V SD N 2 Marga Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar di rumah pada masa pandemi covid-19 kelas V SD Negeri 2 Marga Sakti adalah sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator. Peran orang tua sebagai pembimbing ialah meluangkan waktu untuk menemani dan mengawasi siswa belajar, membantu mengerjakan tugas dan membantu menjelaskan materi pelajaran. Peran orang tua sebagai motivator dapat berupa pemberian pujian, menasehati siswa ketika siswa melakukan kesalahan dan memberikan hadiah pada siswa. Sedangkan peran orang tua sebagai fasilitator yaitu menyediakan perlengkapan alat tulis, tempat yang nyaman untuk belajar dan juga memberikan kasih sayang dan perhatian pada siswa. Peran orang tua tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektifitas belajar dan m eningkatkan semangat belajar siswa sehingga kemampuan belajar siswa lebih baik.
Kata kunci: peran orang tua, mendampingi siswa, pandemi covid-19
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SEPTIANA UMMARIAH - Personal Name
|
Student ID |
5017129
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Ketua Penguji
Agus Triyogo, M.Pd. - - Penguji 1 Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SEPTIANA UMMARIAH - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |