PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBER JAYA

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBER JAYA

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture secara signifikan tuntas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksprimen desain penelitian pre-experimental design dengan rancangan penelitian one-group-pretest-posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay berjumlah 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji z. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 23.27 dengan presentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 80.27 dengan presentase ketuntasan 86% atau 19 siswa yang tuntas. Diperoleh nilai (5.19) > (1.64), maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture model pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Sumber Jaya secara signifikan tuntas.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, IPA


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SEPTIANA - Personal Name
Student ID
5017166
Dosen Pembimbing
Dian Samitra, M.Pd, Si - - Dosen Pembimbing 1
Armi Yuneti, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dian Samitra, M.Pd, Si - - Ketua Penguji
Aren Frima, M. Pd - - Penguji 1
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
SEPTIANA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail