SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBER JAYA
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture secara signifikan tuntas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksprimen desain penelitian pre-experimental design dengan rancangan penelitian one-group-pretest-posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay berjumlah 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji z. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 23.27 dengan presentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 80.27 dengan presentase ketuntasan 86% atau 19 siswa yang tuntas. Diperoleh nilai (5.19) > (1.64), maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture model pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Sumber Jaya secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, IPA
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SEPTIANA - Personal Name
|
Student ID |
5017166
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dian Samitra, M.Pd, Si - - Ketua Penguji
Aren Frima, M. Pd - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SEPTIANA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |