SKRIPSI S1 PGSD
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 47 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA SD Negeri 47 Lubuklinggau . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol desain penelitian ini pre-test post-test group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 47 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2021/2022, yang terdiri dari 57 siswa dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik (Simple Random Sampling). Pengumpulan data berupa tes, data tes yang sudah dianalisis dengan uji-t, berdasarkan uji-t pada taraf α = 0,05, diperoleh thitung > ttabel (9,85 > 1,673). Rata-rata akhir hasil belajar IPA kelas eksperimen sebesar 74,63 sedangkan pada kelas kelas kontrol sebesar 38,15. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 47 Lubuklinggau tahun pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Picture and Picture, hasil belajar, IPA.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SELVIA SAFITRI - Personal Name
|
Student ID |
5018036
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tri Ariani, M. Pd. - - Ketua Penguji
Yeni Asmara, M.Pd - - Penguji 1 Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SELVIA SAFITRI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |