SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MEDIA DIORAMA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDOHARJO
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Sidoharjo setelah diterapkan media diorama dengan menggunakan pendekatan saintifik secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimental designs dengan desain eksperimen Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V berjumlah 24 siswa. Instrumen data diambil dengan teknik tes. Instrumen yang digunakan peneliti berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji “Z”. Berdasarkan uji hipotesis kemudian Zhitung dikonsultasikan dengan Ztabel pada daftar distribusi “Z” dengan taraf signifikan α = 0,05sehingga diperoleh Zhitung = 7,58 dan nilai Ztabel = 1,64. Maka maka Zhitung = 7,58 > Ztabel = 1,64 dengan hal ini maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media diorama berbasis saintifik dapat menuntaskan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Sidoharjo.
Kata kunci: Media Diorama, Hasil Belajar IPA, Pendekatan Saintifik.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RIZKA MALIA HANAFI - Personal Name
|
Student ID |
5018041
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Aren Frima, M. Pd - - Ketua Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
RIZKA MALIA HANAFI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |