PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JAMBU REJO

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JAMBU REJO

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jambu Rejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SD Negeri 1 Jambu Rejo yang berjumlah 22 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil seluruh kelas IV SD Negeri 1 Jambu Rejo berjumlah 22 siswa dan diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Metode penelitian yang digunakan berbentuk eksperimen semu. Teknik penggumpulan data meggunakan tes berbetuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 78,33. Hasil analisis uji-z diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 9,92 > 1,64, yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Jambu Rejo setelah meggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match signifikan tuntas.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Kooperatif, Make A Match, Model.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RIZKA AYU ASLAMA - Personal Name
Student ID
5017206
Dosen Pembimbing
Zico Fakhrur Rozi, M.Pd.SI - - Dosen Pembimbing 1
Elya Rosalina, M.Pd.Mat. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
RIZKA AYU ASLAMA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail