SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Board Game dilihat dari segi valid dan praktis pada pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 08 Lubuklinggau. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D, dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Teknik analasis data yaitu analisis kevalidan dan kepraktisan. Data kevalidan dianalisis dengan menggunakan rumusV = Σs n(c−1) dengan hasil 0,80 yang termasuk kategori tinggi. Data kepraktisan dianalisis dengan menggunakan rumus K = F N ×1 × R × 100% dengan hasil 83% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Board Game dapat dinyatakan valid dan praktis dalam segi kegunaannya pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 08 Lubuklinggau.
Kata Kunci: Media Board Game, Pembelajaran IPS, Pengembangan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RIRIN ANJELINDA - Personal Name
|
Student ID |
5018035
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
RIRIN ANJELINDA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |