SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 42 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 42 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-Experimental Designs. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IVSD Negeri 42 Lubuklinggau tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan sampel yang diambil adalah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk essay sebanyak 11 soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tes akhir siswa 80,84 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas 85,71%. Berdasarkan hasil analisis uji-t pada taraf signifikan diperoleh = 5,18 > = 1,73 yang menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 42 Lubuklinggau setelah menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) signifikan tuntas.
Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Numbered Head Together
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RINA MASAMA - Personal Name
|
Student ID |
5018116
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Aswarliansyah, M. Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd.Mat. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
RINA MASAMA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |