PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAM SUDUT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAM SUDUT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran jam sudut pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 12 Lubuklinggau yang valid, praktis, dan memiliki efektivitas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil analisis validasi oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa media jam sudut pada materi sudut dan pengukurannya memenuhi kriteria validitas tinggi dengan nilai V 0,85. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media jam sudut memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 98%, dan hasil analisis efektivitas memperoleh nilai n-gain (g) yakni 0,51 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran jam sudut pada pembelajaran matematika memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Model 4D, Media Jam Sudut, Matematika


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RIA MAYASARI - Personal Name
Student ID
5018099
Dosen Pembimbing
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
R. Angga Bagus Kusnanto, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
RIA MAYASARI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail