SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI SUKADANA
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat menuntaskan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Sukadana. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental, desain penelitian One-Group Pre-test Post-test Design. Populasi dan sampel penelitian berjumlah sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji-Z dengan taraf kepercayaan 5%, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu berupa soal essay yang berjumlah 10 soal. Berdasarkan analisis data, diketahui hasil tes kemampuan awal (pre-test) dengan rata-rata 31,53 dan tes kemampuan akhir (post-test) dengan rata-rata 84,93. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan akhir (post-test) lebih besar dari pada tes awal. Setelah dihitung dengan menggunakan uji-Z diperoleh nilai zhitung= 3,94 yang dibandingkan dengan nilai ttabel dengan dk =N-1 (20-1) adalah 1,64. Maka dapat disimpulkan bahawa hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan setelah diterapkan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray.
Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS Two Stay Two Stray.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
REPI MAYASARI - Personal Name
|
Student ID |
5017035
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Ketua Penguji
Harmoko, M. Pd. - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
REPI MAYASARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |