PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PELITA JAYA

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PELITA JAYA

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Pelita Jaya setelah menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk essay dengan jumlah 8 butir soal. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 21 siswa kelas IV. Teknik analisis data dengan langkah-langkah; menghitung rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh (a  0,05) dan (dk=21-1=20) maka Zhitung = 2,67 dan Ztabel = 1,64. Hal ini menunjukkan bahwa hasil Zhitung > Ztabel, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis yang diajukan ini dapat diterima kebenarannya, bahwa hasil belajar siswa kelas IV tema 3 SDN Pelita Jaya diterapkan model pembelajaran Learning Start With A Question secara signifikan tuntas.

Kata kunci: Learning Start With A Question, Hasil belajar IPS


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NOPELIA PRAHASTI - Personal Name
Student ID
5017016
Dosen Pembimbing
Tri Juli Hajani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Tri Juli Hajani, M.Pd. - - Ketua Penguji
Harmoko, M. Pd. - - Penguji 1
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
NOPELIA PRAHASTI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail