SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 67 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 67 Lubuklinggau setelah diterapkan model kooperatif tipe pair check. Penelitian ini menggunakan eksprimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 67 Lubuklinggau tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa yang diambil sebagai sampel adalah kelas V yang berjumlah 32 diambil dengan teknik sampling jenuh. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk uraian sebanyak 10 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji -Z. Berdasarkan hasil analisis uji -Z data tes akhir pada taraf signifikan α=0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 67 Lubuklinggau setelah penerapan model kooperatif tipe pair check secara signifikan tuntas. Rata-rata nilai tes akhir sebesar 86,63 dengan presentase jumlah siswa yang tuntas 100% dan uji hipotesisnya diperoleh (8,89) ≥
Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran IPA, Pair Check
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NADIA JULITA - Personal Name
|
Student ID |
5018144
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Elya Rosalina, M.Pd.Mat. - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
85201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
NADIA JULITA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |