SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA KOPER (KOTAK PERMAINAN) PENJUMLAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PRABUMULIH I
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kotak permainan penjumlahan pada materi penjumlahan kelas II yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu wawancara dan angket. Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan media permainan ular tangga adalah angket penilaian ahli bahasa, ahli media dan ahli materi, sedangkan untuk mengukur kepraktisan media permainan ular tangga penulis menggunakan angket kepraktisan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh tiga ahli yaitu: ahli bahasa dengan rentang skor 0,91 kriteria sangat valid , ahli media dengan rentang skor 0,90 kriteria sangat valid, dan ahli materi dengan rentang skor 0,78 kriteria valid. Sedangkan hasil analisis penilaian angket uji coba kepraktisan kelompok kecil dengan rata-rata skor 85,71% kriteria sangat praktis, dan uji coba kepraktisan respon guru dengan rata-rata skor 90,47% kriteria praktis, maka disimpulkan media kotak permainan penjumlahan dalam pembelajaran matematika dapat dinyatakan layak digunakan.
Kata Kunci:Kotak Permainan, Media, Matematika, Penjumlahan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MUSTAKIM JAYUSMAN - Personal Name
|
Student ID |
5017050
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tri Ariani, M. Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
MUSTAKIM JAYUSMAN - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |