SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD NEGERI 78 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri 78 Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Penelitian dan Pengembangan) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek penelitian yaitu 3 orang validator, 1 orang Guru Kelas III dan siswa Kelas III SD Negeri 78 Lubuklinggau yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes tertulis berupa soal. Berdasarkan hasil analisis validasi oleh ketiga ahli yaitu (ahli media, ahli bahasa, ahli materi) yang menunjukkan bahwa lks tematik berbasis contextual teaching and learning memenuhi kriteria valid dengan kategori 0,78% di implementasikan sebagai koefesiansi cukup tinggi. Hasil analisis penelitian pada lembar kepraktian guru dan siswa diperoleh kriteria dengan skor rata-rata 89% Klasifikasi sangat praktis. Sedangkan hasil dari keefektifan lks berbasis contextual teaching and learning diperoleh skor nilai rata-rata 80 dengan kriteria sangat efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa lks tematik berbasis contextual teaching and learning pada materi tema 6 energi dan perubahannya dan subtema 1 sumber energi dapat memenuhi kriteria valid, praktis, efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Kelas III Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pengembangan, LKS, CTL, Tematik.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MIA NURIATI - Personal Name
|
Student ID |
5018047
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dedy Firduansyah, M. Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd.Mat. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
MIA NURIATI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |