PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 NOMAN BARU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 NOMAN BARU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara signifikan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Noman Baru. Jenis penelitian ini ekperimen dengan bentuk pretest-posttest design. Populasinya seluruh Kelas V SD Negeri 1 Noman Baru yang berjumlah 43 siswa dan Sampel penelitian adalah kelas VB yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik soal yang berjumlah 10 soal. Data yang terkumpul dianalisiskan menggunakan Uji-T. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa nilai rata-rata tes akhir hasil belajar IPS sebesar 78,35 dengan ketuntasan belajar 100%. Hasil pengujian hipotesis yang didapatkan thitung = 9,38 dan setelah dikonsultasikan dengan ttabel didapatkan thitung 9,38>ttabel 1,65 untuk taraf signifikan α = 0,05 yang menunjukkan bahwa Hoditolak dan Haditerima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Noman setelah mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model Kooperatif Tipe Make A Match secara signifikan tuntas.

Kata Kunci : Model Kooperatif,Tipe Make A Match, Hasil Belajar, IPS.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MELISA ZIKIANA - Personal Name
Student ID
5017087
Dosen Pembimbing
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Dosen Pembimbing 1
Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
MELISA ZIKIANA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail