SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SUKADANA KABUPATEN MUSI RAWAS
XML JSONPenelitian ini dilakukan karena melihat hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sukadana yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan populasi 20 orang siswa kelas IV yang semuanya dijadikan sampel pada penelitian ini, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berbentuk soal pilihan ganda. Dari analisis data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, adapun nilai sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa 100% tidak tuntas. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ketuntasan hasil belajar mata pelajran IPS yaitu 19 siswa tuntas atau 95% dan 1 siswa yang tidak tuntas 5%. Data dianalisis menggunkan rumus uji-z. berdasarkan hasil uji analisis data dengan taraf signifikan = 5% menunjukan = 6,05 dan . Karena > . Dengan itu dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Sukadana setelah penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Sukadana signifikan tuntas.
Kata kunci : Model pembelajaran numbered head together (NHT), hasil belajar mata pelajaran IPS.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MELISA MAHLEVI - Personal Name
|
Student ID |
5018085
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Rudi Erwandi, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Penguji 1 Tri Ariani, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
MELISA MAHLEVI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |