SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 65 SUMBER HARTA
XML JSONPenelitian ini bertujuan ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta setelah diterapkannya model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Desain eksperimen yang digunakan berbentuk control group pre-test-pos-test. Control group pre-test-pos-test yaitu pre-test dan post-test diberikan pada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta dengan sampel berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, Teknik analisis menggunakan uji z. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta dalam pembelajaran IPA. Setelah diterapkan model Children Learning In Science (CLIS) siswa lebih tertarik dan berminat dalam pembelajaran IPA. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar yang dilakukan melalui kegiatan pretes dan postes. Pada pretes nilai rata-rata siswa keseluruhan sebesar 41,69 dinyatakan belum tuntas sedangkan pada postes nilai rata-rata siswa keseluruhan meningkat menjadi 70,31 dan dinyatakan tuntas.
Kata Kunci: CLIS, IPA, Sekolah Dasar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
M. A’ANK FRANATA - Personal Name
|
Student ID |
5017029
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tri Juli Hajani, M.Pd. - - Ketua Penguji
Eka Lokaria. M.Pd.Si. - - Penguji 1 Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
M. A’ANK FRANATA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |