SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD N 36 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri 36 Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan Addie. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 36 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Canva berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Canva memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 90%. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Canva memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 86%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain
(g) sebesar 0,70 dengan klasifikasi tinggi yang artinya Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Canva memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Canva terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam menuntaskan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 36 Lubuklinggau.
Kata Kunci: Canva, IPS, Media Pembelajaran Flipbook, Sekolah Dasar.
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
INDRI OKTA WINARSIH - Personal Name
|
| Student ID |
5021128
|
| Dosen Pembimbing | |
| Penguji |
Andri Valen, M. Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Akmal Rijal, M.Pd. - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
| Kontributor |
INDRI OKTA WINARSIH - Kontributor
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2025 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil |
372.2
|
| Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
| Doi |








