SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WAYANG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 3 SRIKATON
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan media pembelajaran berbasis wayang mengembangakan media pembelajaran berbasis wayang dalam pembelajaran Tematik SD Negeri 3 Srikaton yang valid, praktis dan memiliki efektifitas atau efek potensial. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengam model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 3 Srikaton. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes tertulis. Berdasarkan hasil validitas media wayang berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa media wayang memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,78. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media pembelajaran berbasis wayang memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 86%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,58 dengan klasifikasi sedang, yang artinya media pembelajaran berbasis wayang memiliki efektifitas sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis wayang terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran Tematik SD Negeri 3 Srikaton.
Kata kunci: Pengembangan, Media Wayang, Tematik
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
LISTIA NURBAITI - Personal Name
|
Student ID |
5018040
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Tri Juli Hajani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Ketua Penguji
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 1 Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
LISTIA NURBAITI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |