ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 4 SURULANGUN

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 4 SURULANGUN

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA di SDN 4 Surulangun. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang meliputi; Observasi, Wawancara, Kuesioner (angket) dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (Conclusion Drawing). Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata siswa yang memiliki perasaan senang dalam pembelajaran IPA sebanyak 73,6% rata-rata keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA sebanyak 67% , rata-rata ketertarikan siswa sebanyak 68,8% dan rata-rata siswa yang perhatian dalam belajar IPA sebanyak 80%. Berdasarkan hasil analisis dari angket minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA yaitu diketahui bahwa rata-rata siswa yang memiliki minat dalam pembelajaran IPA sebanyak 72,35%. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu pertama, faktor yang berasal dari dalam diri individu (Internal) berupa faktor fisiologis dan psikologis. Kedua faktor yang berasal dari luar diri siswa (Eksternal), diantaranya yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Kata Kunci: Minat Belajar, IPA.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
LISDAWATI - Personal Name
Student ID
5018095
Dosen Pembimbing
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
LISDAWATI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail