SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 1 REMBAN
XML JSONSkripsi ini berjudul “Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 1 Remban”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Remban setelah di terapkan model Contextual Teaching And Learning (CTL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Eksperimental Desigin. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Remban Tahun Ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah 15 siswa dan diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang berupa tes tertulis essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasa diperoleh nilai rata-rata 81 dengan ketuntasan belajar 100%. Hasil analisis uji-z diperoleh yang menunjukan bahwa hipotesis Zhitung 7,43 > Ztabel 1,64, maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Remban setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Hasil Belajar IPA,
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
LINDA OKTAVIA - Personal Name
|
Student ID |
5017093
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tri Juli Hajani, M.Pd. - - Ketua Penguji
Eka Lokaria. M.Pd.Si. - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd.Mat. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
LINDA OKTAVIA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |