SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG BERBASIS KEBUDAYAAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 49 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Media Teka-teki Silang Berbasis Kebudayaan Lokal pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 49 Lubuklinggau yang valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Populasi sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 49 Lubuklinggau sebanyak 3 siswa uji one to one dan 12 siswa uji kelompok kecil. Jenis penelitian ini peneliti menggunakan pengembangan model ADDIE (Analysis, Desain, Devlopment, Implimentation dan Evaluation). Teknik Pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli bahasa, ahli media, ahli materi serta angket kepraktisan guru dan siswa. Berdasarkan hasil uji validasi bahasa diperoleh nilai 37,8 dan hasil uji validasi materi diperoleh nilai 50,4 serta hasil uji validasi media diperoleh nilai sebesar 83,4 oleh ketiga ahli yaitu ahli bahasa, ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa Media Teka-teki Silang Berbasis Kebudayaan Lokal pada Pembelajaran Tematik memenuhi kriteria valid dengan Hasil analisis data yang dihasilkan dari uji rekapitulasi guru dan siswa memperoleh hasil 76% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan hasil analisis kepraktisan dapat dinyatakan bahwa media teka-teki silang berbasis kebudayaan lokal pada pembelajaran tematik dapat nyatakan valid dan praktis serta dapat digunakan pada proses pembelajaran di sekolah dasar.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Teka-teki Silang, Kebudayaan Lokal
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
LARA UTAMI WULANDARI - Personal Name
|
Student ID |
5017070
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
LARA UTAMI WULANDARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |