PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 68 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 68 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 68 Lubuklinggau. Jenis penelitian adalah penelitian Eksperimen. Populasi Penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 68 Lubuklinggau tahun ajaran 2021-2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah 24 siswa dan diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share (TPS). Metode penelitian menggunakan Eksperimen Semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk Esai. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata 79,79 dengan ketuntasan belajar (87,5%). Hasil analisis uji-z diperoleh Zhitung = 4,64 ˃ Ztabel = 1,64 yang menunjukan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 68 Lubuklinggau, setelah menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share (TPS) berada pada kategori signifikan tuntas.

Kata Kunci: Cooperative, Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar IPA.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HALIMA TUSSAKDIA - Personal Name
Student ID
5018154
Dosen Pembimbing
Tri Juli Hajani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
HALIMA TUSSAKDIA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail