SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI LUBUK KEMANG
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Lubuk Kemang setelah penerapan model Make A Match secara signifikan. Desain eksperimen yang digunakan berbentuk control group pre-test-pos-test. Control group pretest-pos-test yaitu pre-test dan post-test diberikan pada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Lubuk Kemang dengan sampel berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, Teknik analisis menggunakan uji z. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Lubuk Kemang dalam pembelajaran IPS. Setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar yang dilakukan melalui kegiatan tes. Pada pretes nilai rata-rata ketuntasan siswa sebesar 44,00 dinyatakan belum tuntas sedangkan pada postes nilai rata-rata ketuntasan siswa sebesar 73,84 dan dinyatakan tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Lubuk Kemang dalam pembelajaran IPS.
Kata Kunci: Penerapan Model Make A Match, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sekolah Dasar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FITRIANI - Personal Name
|
Student ID |
5017082
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
FITRIANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |