SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 40 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 40 Lubuklinggau setelah diterapkan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi kelas I-VI maka populasi merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV berjumlah 19 siswa. Instrumen data diambil dengan teknik tes. Instrumen yang digunakan peneliti berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 15 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji “Z”. Berdasarkan uji hipotesis kemudian Zhitung dikonsultasikan dengan Ztabel pada daftar distribusi “Z” dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh Zhitung = 6,30 dan nilai Ztabel = 1,64. Maka Zhitung = 6,30 > Ztabel = 1,64 dengan hal ini maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat menuntaskan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 40 Lubuklinggau.
Kata kunci: Model Student Teams Achievement Divisions, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FINI AGGNESTIA - Personal Name
|
Student ID |
5018070
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
FINI AGGNESTIA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |