SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE REVERSAL QUESTION PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS 4 SD NEGERI 1 SEMANGUS
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Semangus. Jenis penelitian adalah yang digunakan berbentuk eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Semangus tahun ajaran 2021-2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah 24 siswa dan diajarkan dengan model pembelajaran role reserval question. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk 10 soal essay. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 73,89, dengan ketuntasan belajar (75%).analisis data dengan taraf signifikan α = 5% dan dk = 23 menunjukkan besar Zhitung = 4,22 dan Ztabel = 1,64 (zhitung > ztabel). Disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Semangus setelah penerapan model pembelajaran Role Reversal Question secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Hasil belajar, IPA, Model, Role Reversal Question,
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FARIDA ROYANI - Personal Name
|
Student ID |
5017069
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dian Samitra, M.Pd, Si - - Ketua Penguji
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 1 Tri Ariani, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
FARIDA ROYANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |