PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE REVERSAL QUESTION PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS 4 SD NEGERI 1 SEMANGUS

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE REVERSAL QUESTION PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS 4 SD NEGERI 1 SEMANGUS

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Semangus. Jenis penelitian adalah yang digunakan berbentuk eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Semangus tahun ajaran 2021-2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah 24 siswa dan diajarkan dengan model pembelajaran role reserval question. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk 10 soal essay. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 73,89, dengan ketuntasan belajar (75%).analisis data dengan taraf signifikan α = 5% dan dk = 23 menunjukkan besar Zhitung = 4,22 dan Ztabel = 1,64 (zhitung > ztabel). Disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Semangus setelah penerapan model pembelajaran Role Reversal Question secara signifikan tuntas.

Kata Kunci: Hasil belajar, IPA, Model, Role Reversal Question,


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FARIDA ROYANI - Personal Name
Student ID
5017069
Dosen Pembimbing
Dian Samitra, M.Pd, Si - - Dosen Pembimbing 1
Andri Valen, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dian Samitra, M.Pd, Si - - Ketua Penguji
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 1
Tri Ariani, M. Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
FARIDA ROYANI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail