SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK KELAS V TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA BERBANTU QR CODE DI SD NEGERI 53 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan bahan ajar tematik kelas V tema 8 lingkungan sahabat kita berbantu Qr Code di SD Negeri 53 Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yaitu Research and Development dengan model pengembangkan 4-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes dengan teknik analisis data menggunakan skala likert. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 53 Lubuklinggau yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan validasi ahli bahasa, ahli materi dan ahli media secara keseluruhan memiliki nilai dengan rata-rata 0,85 dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Sementara hasil uji kepraktisan dari uji kelompok kecil dan uji kepraktisan guru diperoleh nilai dengan rata-rata
93,05% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan uji efektivitas dari hasil rata-rata pretest dan posttest diperoleh nilai N-gain sebesar 0,78 dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik berbantu Qr Code untuk siswa kelas V sekolah dasar dapat dikatakan valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik, Qr Code, Sekolah Dasar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ERISKA GUSTIANA - Personal Name
|
Student ID |
5018019
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Penguji 1 Eka Lokaria. M.Pd.Si. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ERISKA GUSTIANA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |