SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWAKELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 48LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Modul Matematika berbasis Contextual Teaching Learning pada siswa kelas IV Sekolah Dasar sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan Modul yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan four-D. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: 0,80 ahli bahasa, 0,90 ahli media dan 0,95 ahli materi menunjukkan bahwa Modul Matematika berbasis Contextual Teaching Learning pada materi statistika memenuhi kriteria sangat valid. Sedangkan hasil penelitian lembar kepraktisan guru diperoleh rata-rata 87,5% dan siswa yang terdiri dari 6 orang diperoleh rata-rata 93,3% bahwa Modul Matematika berbasis Contextual Teaching Learning memenuhi kriteria sangat praktis. Dan hasil penelitian efektifitas seluruh siswa kelas IV diperoleh bahwa Modul Matematika berbasis Contextual Teaching Learning memenuhi kriteria cukup efektif dengan nilai akhir 75, sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul Matematika berbasis Contextual Teaching Learning materi statistika memenuhi kriteria valid, parktis dan efektif dan bisa digunakan dalam pebelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, Modul Matematika, Contextual Teaching Learning
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ENDANG FITRI UTAMI - Personal Name
|
Student ID |
5018136
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Aren Frima, M. Pd - - Ketua Penguji
Eka Lokaria. M.Pd.Si. - - Penguji 1 Yeni Asmara, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ENDANG FITRI UTAMI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |