SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI SUMBER JAYA
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Sumber Jaya setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Script secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan merode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas III berjumlah 16 siswa. Data Instrumen diambil dengan teknik tes. Instrumen yang digunakan penulis berbentuk essay yang berjumlah 10 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji “Z”. Berdasarkan uji hipotesis kemudian Zhitung dikonsultasikan dengan Ztabel pada daftar distribusi “Z” dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh Zhitung = 4,67 dan nilai Ztabel = 1,64, maka Zhitung = 4,67 >Ztabel = 1,64 dengan hal ini maka H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Script dapat menuntaskan hasil belajar Bahasa
Indonesia siswa kelas III SD Negeri Sumber Jaya.
Kata kunci : Model Cooperative Script, Hasil Belajar Bahasa Indonesia.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
EKA YULIANA - Personal Name
|
Student ID |
5017164
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
EKA YULIANA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |