PENERAPAN MODEL CTL BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 DWIJAYA

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL CTL BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 DWIJAYA

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan secara signifikan hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Dwijaya setelah diterapkan model CTL berbantu media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Dwijaya yang berjumlah 23 siswa dan sampel penelitian adalah kelas IV berjumlah 23 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan yang diambil secara (sample jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes pilihan ganda. Teknik analisis data dengan menggunakan uji z. berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata Pretest sebesar 47,82 dan nilai rata-rata Post-test sebesar 77,24 dengan taraf kepercayaan α = 0,05 didapat Zhitung 3,08 dan Ztabel 1,64 karena Zhitung ≥ Ztabel maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Dari
hasil analisis data diperoleh kesimpulan bawah hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Dwijaya setelah diterapkan model CTL berbantu media audio visual secara signifikan tuntas.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Media Audio Visual, Model CTL, Sekolah Dasar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EKA SUSANTI - Personal Name
Student ID
5018027
Dosen Pembimbing
Adriana sofiarini, S.H., M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Andri Valen, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
EKA SUSANTI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail