SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA SD NEGERI 1 DWIJAYA
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media video animasi berbasis kontekstual. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media video animasi berbasis kontekstual dalam pembelajaran IPA SD Negeri 1 Dwijaya. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengam model pengembangan 4-D. subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 1 Dwijaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawacncara, observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil validitas video animasi berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa media video animasi memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,78. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media video animasi berbasis kontekstual memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 91,83%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,63 dengan klasifikasi sedang, yang artinya media video animasi berbasis kontekstual memiliki efektifitas sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video video animasi berbasis kontekstual terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran IPA SD Negeri 1 Dwijaya.
Kata kunci: IPA, Kontekstual, Media Pembelajaran, Pengembangan, Video
Animasi.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
EKA SULISTINAWATI - Personal Name
|
Student ID |
5018044
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
EKA SULISTINAWATI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |