SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 83 LUBUKLINGGAU
XML JSONSkripsi ini yang berjudul “Pengembangan Media Flash Card Berbasis Kontekstual Learning Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 83 Lubuklinggau”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan media flash card berbasis kontekstual learning pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 83 Lubuklinggau dan menghasilkan media flash card berbasis kontekstual learning pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 83 Lubuklinggau yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan yang di adaptasi dari model pengembangan 4-D. Berdasarkan hasil analisis penelitian oleh ketiga ahli yaitu: validasi bahasa, validasi materi, dan validasi media menunjukan bahwa media flash card berbasis kontekstual learning memenuhi kriteria kevalidan 0,75 dengan kategori sedang. Sedangkan nilai yang menunjukan kepraktisan siswa memenuhi kriteria kepraktisan dengan presentase 98%, dan nilai yang menunjukan keefektifan media flash card berbasis kontekstual learning memenuhi kriteria keefektifan N-gain 0,6 dengan rata-rata presentase ketuntasan 85% tuntas, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan media flash card berbasis kontekstual learning yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPS Sekolah Dasar.
Kata Kunci: IPS, Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku, Media Flash Card Berbasis Kontekstual Learning, Pengembangan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
EKA SAPTA MELLI YANTI - Personal Name
|
Student ID |
5018002
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
EKA SAPTA MELLI YANTI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |