SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 WONOREJO
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri 2 Wonorejo setelah diterapkan Model Pembelajaran Inquiry secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pre experimental desain dengan desain eksperimen Pre-test Post-test group desain. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian sampel yang digunakan adalah sampling jenuh adapun sampel dalam penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yan digunakan peneliti berbentuk soal essay yang berjumlah 8 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji “Z”. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemudian dikonsultasikan dengan pada daftar distribusi “Z” dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh nilai dan nilai maka dengan hal ini maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inquiry dapat menuntaskan hasil belajar IPS siswa kelas V
SD Negeri 2 Wonorejo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DAMAR FITRIYANI - Personal Name
|
Student ID |
5016080
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Penguji 1 Tri Ariani, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
DAMAR FITRIYANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |