SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo signifikan tuntas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Sidomulyo yang berjumlah 54 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Random Sampling. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan data menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata 73,66 dengan ketuntasan belajar (76,92%). Hasil analisis uji-t diperoleh t_hitung= 3,30 dan t_tabel=1,7 yang menunjukan bahwa hipotesis H_o ditolak dan H_a diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) signifikan tuntas.
Kata Kunci: Hasil belajar, IPS, kooperatif tipe Student Team Achievement Division
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DEWI ERNA SARI - Personal Name
|
Student ID |
5020087
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Armi Yuneti, M.Pd - - Ketua Penguji
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
DEWI ERNA SARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |