PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo signifikan tuntas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Sidomulyo yang berjumlah 54 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Random Sampling. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan data menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata 73,66 dengan ketuntasan belajar (76,92%). Hasil analisis uji-t diperoleh t_hitung= 3,30 dan t_tabel=1,7 yang menunjukan bahwa hipotesis H_o ditolak dan H_a diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) signifikan tuntas.

Kata Kunci: Hasil belajar, IPS, kooperatif tipe Student Team Achievement Division


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DEWI ERNA SARI - Personal Name
Student ID
5020087
Dosen Pembimbing
Armi Yuneti, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
DEWI ERNA SARI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail