SKRIPSI S1 SEJARAH
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 6LUBUKLINGGAU
XML JSONAdapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar secara signifikan setelah diterapkan model pembelajaran React di SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.5 SMP Negeri 6 Lubuklinggaun yang berjumlah sebanyak 26 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan Teknik Simple Random Sampling yaitu Pemilihan acak dari segmen kecil individu atau anggota dari keseluruhan populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan data hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran React pada materi Interaksi Sosial yaitu rata-rata sebesar 84,89 dan jumlah yang tuntas mencapai 100%. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 6,74 > ttabel 1,7 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 6 Lubuklinggau setelah penerapan model pembelajaran React secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Model Pembelajaran React, Hasil Belajar, dan IPS.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SEPTIKA SELINDRI - Personal Name
|
Student ID |
3020018
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SEPTIKA SELINDRI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
959.8
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |