SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL BERBASIS MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI DARUSSALAM
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain mengembangkan media visual berbasis mind mapping pada pembelajaran tematik siswa kelas V MI Darussalam serta untuk menghasilkan media visual berbasis mind mapping yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas V MI Darussalam Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media visual berbasis mind mapping memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,88. Sedangkan dari hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media visual berbasis mind mapping
memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 97%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain(g) sebesar 0,73 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya media visual berbasis mind mapping memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media visual berbasis mind mapping terbukti valid, praktis dan efektif pada pembelajaran tematik tema 1 sub tema 1 kelas V Sekolah Dasar
Kata Kunci : Pengembangan, Media Visual, Mind Mapping, Pembelajaran
Tematik
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
CAHYA APRILIA - Personal Name
|
Student ID |
5018087
|
Dosen Pembimbing |
Aswarliansyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
CAHYA APRILIA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |