PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 61 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 61 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar setelah diterapkan model Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN 61 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 61 Lubuklinggau yang berjumlah 49 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling, berjumlah 28 siswa sebagai jumlah sampel. Metode penelitian menggunakan Eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal pilgan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata 76,6 dengan ketuntasan belajar (89,28%). Hasil analisis uji-t diperoleh t_hitung = 5,98 dan t_tabel = 1,70 yang menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 61 Lubuklinggau setelah penerapan model Realistic Mathematic Education (RME) signifikan tuntas.

Kata Kunci : Realistic Mathematic Education (RME), Hasil belajar, Matematika.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
PUTRI ANANDA - Personal Name
Student ID
5020086
Dosen Pembimbing
Dr. Viktor Pandra, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Armi Yuneti, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
PUTRI ANANDA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail