SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 61 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar setelah diterapkan model Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN 61 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 61 Lubuklinggau yang berjumlah 49 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling, berjumlah 28 siswa sebagai jumlah sampel. Metode penelitian menggunakan Eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal pilgan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata 76,6 dengan ketuntasan belajar (89,28%). Hasil analisis uji-t diperoleh t_hitung = 5,98 dan t_tabel = 1,70 yang menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 61 Lubuklinggau setelah penerapan model Realistic Mathematic Education (RME) signifikan tuntas.
Kata Kunci : Realistic Mathematic Education (RME), Hasil belajar, Matematika.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PUTRI ANANDA - Personal Name
|
Student ID |
5020086
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Viktor Pandra, M.Pd - - Ketua Penguji
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 1 Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
PUTRI ANANDA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |