SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SISWA KELAS V SDN 59 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V SD
Negeri 59 Lubuklinggau setelah penerapan model pembelajaran Probing Prompting signifikan tuntas. Dengan menggunakan metode eksperimen pre- experimental design, penelitian dilakukan tanpa kelompok pembanding dan mengambil sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen dengan pre-test dan post-test terhadap
23 siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh siswa memperoleh nilai ≥ 65 setelah penerapan model pembelajaran ini, menunjukkan hasil belajar tuntas secara signifikan dari sebelumnya. Temuan ini menunjukkan bahwa Probing Prompting efektif dalam merangsang pemikiran kritis siswa dan mendalamkan pemahaman mereka terhadap materi IPS. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi model pembelajaran yang berfokus pada pertanyaan mendalam dan bimbingan aktif dalam praktik pembelajaran di sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Kata kunci: Probing Prompting, hasil belajar siswa, & IPS.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KRISTINA WULANDARI - Personal Name
|
Student ID |
5020263
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Agung Nugroho, M.Pd - - Ketua Penguji
Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Penguji 1 Aswarliansyah, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
KRISTINA WULANDARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |