PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SISWA KELAS V SDN 59 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SISWA KELAS V SDN 59 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V SD
Negeri 59 Lubuklinggau setelah penerapan model pembelajaran Probing Prompting signifikan tuntas. Dengan menggunakan metode eksperimen pre- experimental design, penelitian dilakukan tanpa kelompok pembanding dan mengambil sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen dengan pre-test dan post-test terhadap
23 siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh siswa memperoleh nilai ≥ 65 setelah penerapan model pembelajaran ini, menunjukkan hasil belajar tuntas secara signifikan dari sebelumnya. Temuan ini menunjukkan bahwa Probing Prompting efektif dalam merangsang pemikiran kritis siswa dan mendalamkan pemahaman mereka terhadap materi IPS. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi model pembelajaran yang berfokus pada pertanyaan mendalam dan bimbingan aktif dalam praktik pembelajaran di sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kata kunci: Probing Prompting, hasil belajar siswa, & IPS.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
KRISTINA WULANDARI - Personal Name
Student ID
5020263
Dosen Pembimbing
Dr. Agung Nugroho, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
KRISTINA WULANDARI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail