SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI SUKAJAYA
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model STAD (student team achievement division) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sukajaya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pre eksperimental designs dengan desain eksperimen Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel jenuh dalam penelitian ini yaitu kelas V berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 18 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) secara signifikan menuntaskan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sukajaya, yang mendukung hipotesis penelitian. Siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep-konsep matematika dan keterampilan dalam menyelesaikan soal-soal yang lebih kompleks. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan partisipasi aktif dan kerjasama dalam kelompok, membantu siswa belajar dengan lebih efektif melalui diskusi dan interaksi antar teman sebaya. Oleh karena itu, model Student Team Achievement Division (STAD) terbukti sebagai strategi pembelajaran yang efektif dan mendukung hipotesis (6,96) bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sukajaya secara signifikan tuntas setelah diterapkan model pembelajaran ini.
Kata kunci: Student team achievement division, hasil belajar & matematika.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KARTINI - Personal Name
|
Student ID |
5020251
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Aswarliansyah, M.Pd. - - Ketua Penguji
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Penguji 1 Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
KARTINI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |