SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 50 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 50 Lubuklinggau setelah mengunakan media pembelajaran Pop-Up Book secara signifikan tuntas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik penelitian pengambilan sampel yang di gunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan tes berbentuk essay. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyarat analisis dan pengajuan hipotesis. Teknik pengujian persyaratan analisis mengunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang diigunakan adalah uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pre-test diperoleh 25,51 dengan presentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 84,92 dengan presentase ketuntasan 90% atau 20 siswa yang tuntas. Di peroleh nilai nilai t_(hitung )(7,13) ≥ t_tabel (1,71). Kesimpulan, bahwa penerapan media pembelajaran Pop-Up Book pada pembelajara IPS signifikan tuntas.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Pop-Up Book, Pembelajaran IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RONALD ABDUR RAHMAN - Personal Name
|
Student ID |
5019073
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andri Valen, M. Pd. - - Ketua Penguji
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 1 Armi Yuneti, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
RONALD ABDUR RAHMAN - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |