SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 43 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untukmengetahui ketuntasan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 43 Lubuklinggau setelah diterapkan Model Pembelajaran Students Team Achievement (STAD). Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimenone group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 43 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Sampel dalam penenlitian ini dari seluruh kelas IVA yang berjumlah 28 siswa. Instrument yang digunakan berbentuk soal pilihan ganda 20 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji thitung danttabel. berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 4,89 dengan derajat kebebasan dk = n-1 = 28-1 = 27 dan α = 5% diperoleh ttabel = 1,, maka thitung = 4,89 >ttabel 1,701 yang bearti Ho ditolak dan Hα diterima. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 43 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaranStudents Team Achievement (STAD) secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Students Team Achievement (STAD), IPS, Hasil Belajar, SD
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NADIA SALSABILLAH - Personal Name
|
Student ID |
5019004
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Ketua Penguji
Nur Fitriana, M. Pd. Mat. - - Penguji 1 Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
NADIA SALSABILLAH - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |