SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS DORATOON PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD N 14 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media audio visual berbasis doratoon pada pembelajaran IPA pada peserta didik kelas V SD N 14 Lubuklinggau serta untuk menghasilkan media yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini yakni Research and Development dengan menggunakan model 4-D. Subjek pada penelitian ini yakni peserta didik kelas VA SD N 14 Lubuklinggau yang berjumlah 20 peserta didik dan peserta didik kelas VB SD N 14 Lubuklinggau yang berjumlah 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa wawancara, angket, dan test. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari ketiga validator yakni ahli bahasa, materi, dan media diperoleh hasil dari ahli bahasa yaitu sebesar 0,97 dengan kategori “Tinggi” kemudian dari ahli media diperoleh hasil sebesar 1,04 dengan kategori “Tinggi”, sedangkan dari ahli materi dipeoleh hasil 1,21 dengan kategori “Tinggi”. Kemudian hasil yang didapatkan dari uji kepraktisan pendidik dan peserta didik diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 93,1% dengan kategori “Sangat Praktis”. Sedangkan berdasarkan hasil uji keefektifan peserta didik diperoleh hasil penilaian uji keefektifan peserat didik dengan skor Gain Ternormalisasi sebesar 0,33 dengan klasifikasi “Sedang”
Kata Kunci: Doratoon, Media Audio Visual , Pembelajaran IPA
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SALSABILAH RIFDA ISNAINI - Personal Name
|
Student ID |
5020216
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SALSABILAH RIFDA ISNAINI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |