SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui setelah penerapan model Discovery Learning terhadap ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Lubuklinggau setelah diterapkannya Model Pembelajaran Discovery Learning signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 77 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC dengan jumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan selanjutnya dianalisis dengan uji t-tes. Berdasarkan hasil analisis uji t-tes dengan taraf signifikan α=0,05 data thitung = 6,34 > ttabel = 2,02. Kondisi awal dengan nilai rata-rata 17,42 dan hasil Pada kondisi akhir dengan nilai rata-rata sebesar 77,65. Maka dapat dikatakan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Lubuklinggau secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Discovery Learning, IPA, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
THESSA MARSELA - Personal Name
|
Student ID |
5020176
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
THESSA MARSELA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |