PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui setelah penerapan model Discovery Learning terhadap ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Lubuklinggau setelah diterapkannya Model Pembelajaran Discovery Learning signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 77 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC dengan jumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan selanjutnya dianalisis dengan uji t-tes. Berdasarkan hasil analisis uji t-tes dengan taraf signifikan α=0,05 data thitung = 6,34 > ttabel = 2,02. Kondisi awal dengan nilai rata-rata 17,42 dan hasil Pada kondisi akhir dengan nilai rata-rata sebesar 77,65. Maka dapat dikatakan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Lubuklinggau secara signifikan tuntas.

Kata Kunci: Discovery Learning, IPA, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
THESSA MARSELA - Personal Name
Student ID
5020176
Dosen Pembimbing
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Dosen Pembimbing 1
Armi Yuneti, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
THESSA MARSELA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail