SKRIPSI S1 SEJARAH
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WALL CHART PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI KARANG PANGGUNG
XML JSONAdapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS
siswa kelas VIII SMP Negeri Karang Panggung secara signifikan setelah diterapkan model pembelajaran contextual teaching & learning berbantuan media wall chart. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Karang Panggung yang berjumlah sebanyak 28 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan sampel jenuh yaitu dengan mengambil semua populasi menjadi sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 37 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan data hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning berbantuan media Wall Chart pada materi keragaman sosial, ekonomi dan budaya yaitu rata-rata sebesar 84,89 dan jumlah yang tuntas mencapai 100%. Hasil uji hipotesis diperoleh hitung 14,63 > tabel 1,70 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri Karang Panggung setelah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning Berbantuan Media Wall Chart secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Wall Chart, dan IPS.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SEPTI MULYA RISKA - Personal Name
|
Student ID |
3020007
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Ketua Penguji
Agus Susilo, M.Pd. - - Penguji 1 Dr. Yadri Irwansyah, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SEPTI MULYA RISKA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |