SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL KOTA LUBUKLINGGAU PADA KELAS V SD NEGERI 8 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi kearifan lokal. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media LKPD Matematika HOTS berorientasi kearifan lokal SD Negeri 8 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Populasi dan sampel atau subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian LKPD dengan penilaian bahasa, media, dan materi menunjukkan bahwa media LKPD memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,88. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa menunjukkan bahwa media LKPD dinilai sangat praktis dengan skor rata-rata 92%. Pada uji keefektifan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,68 dengan interpretasi sedang, yang artinya LKPD Matematika HOTS berorientasi kearifan lokal memiliki efektifitas sedang. Simpulan dari penelitian bahwa media LKPD matematika HOTS berorientasi kearifan lokal terbukti valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran matematika SD Negeri 8 Lubuklinggau.
Kata Kunci: LKPD, Matematika, HOTS, Kearifan Lokal.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PUTRI NATASYA MONALISA ANJELINA - Personal Name
|
Student ID |
5020202
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1 Nur Fitriana, M. Pd. Mat. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
PUTRI NATASYA MONALISA ANJELINA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |