SKRIPSI S1 SEJARAH
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARA BATANG EMPU
XML JSONSkripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri Purwodadi’’. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah Terdapat Peningkatan yang Signifikan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri Purwodadi Setelah diberikan model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah setelah diterapkan model Student Facilitator and Explaining hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Purwodadi Terdapat Peningkatan. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasi seluruh kelas VIII SMP Negeri Purwodadi dan sample kelas VIII.1 yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan uji instumen dalam bentuk pilihan ganda dengan 30 soal, pre-test-pos-test dalam bentuk pilihan ganda dengan 25 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikat α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri Purwodadi setelah diterapkan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terdapat Peningkatan yang Signifikan. Rata-rata hasil belajar siswa 83,86 dan persentase sisw yang tuntas mencapai 92,85%.
Kata Kunci : Student Facilitator And Explaining dan Hasil Belajar IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RISKA DWI PUTRI ANJANI - Personal Name
|
Student ID |
3020012
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Ira Miyarni Sustianingsih, M.Hum - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1 Agus Susilo, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
RISKA DWI PUTRI ANJANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
959.8
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |