SKRIPSI S1 BIOLOGI
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STRATEGI REACT SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMP NEGERI MUARA BELITI
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) pada materi pencemaran lingkungan sehingga dapat dijadikan bahan ajar pendukung pembelajaran IPA. LKPD yang dikembangkan menggunakan Strategi REACT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) desain model pengembangan 4D dengan hanya sampai tiga tahapan: Define, Design, Development. Instrumen uji coba berupa angket. LKPD ini telah melalui tahap uji validasi dengan persentase 80% menurut ahli bahasa, 93 % menurut ahli materi, dan 90% menurut ahli media. Uji kepraktisan LKPD ini dilakukan kepada 1 guru IPA, uji kelompok kecil 6 orang siswa dan uji kelompok besar 30 orang siswa di SMP Negeri Muara Beliti dengan persentase rata-rata respon guru sebesar 100%, 28,8% persentase rata-rata respon siswa kelompok kecil dan 27,1% persentase rata-rata respon siswa kelompok besar. Disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) pada materi pencemaran lingkungan layak digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD), Pencemaran Lingkungan, Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RT MUVIATU FAILAH - Personal Name
|
Student ID |
4220015
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Mareta Widiya, M.Pd.Si. - - Ketua Penguji
Ria Dwi Jayati, M.Pd. - - Penguji 1 Hj. Ivoni Susanti, M.Pd.Si. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84025
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Kontributor |
RT MUVIATU FAILAH - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
574
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |