SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN LKS IPS BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 2 TUGU SEMPURNA
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS IPS Berbasis Problem Solving Pada Siswa Kelas III dI SD Negeri 2 Tugu Sempurna yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SDN 2 Tugu Sempurna. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi LKS IPS Berbasis Problem Solving berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa LKS IPS Berbasis Problem Solving memenuhi kriteria valid ahli bahasa 0,82, ahli materi 0,85, ahli media 0,83. Rekapitulasi dengan skor rata-rata 0,83. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa Pengembangan LKS IPS Berbasis Problem Solving memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 89%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,75 dengan klasifikasi tinggi yang artinya LKS IPS Berbasis Problem Solving memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan LKS IPS Berbasis Problem Solving terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran IPS siswa kelas III SDN 2 Tugu Sempurna sehingga layak digunakan.
Kata Kunci : Pengembangan, LKS, Problem Solving, IPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KIKI PARWATI - Personal Name
|
Student ID |
5020162
|
Dosen Pembimbing |
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Ketua Penguji
Dr. Hamdan, M.Pd. - - Penguji 1 Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
KIKI PARWATI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |